Manfaat Cabai bagi Kesehatan

Manfaat Cabai bagi Kesehatan

Cabai merupakan buah pedas yang digunakan sebagai bumbu masakan di seluruh dunia. Makanan yang melibatkan cabai mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun beberapa manfaat cabai sebagai berikut: 

1. Menghilangkan Flu 

Serbuk cabai memiliki manfaat dalam membantu memecah dan mengeluarkan lendir. Setelah lendir dikeluarkan dari tubuh, biasanya diikuti dengan pemulihan dari flu. 

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Cabai mengandung banyak vitamin seperti vitamin C, vitamin A, dan bioflavonoids. Kandungan ini dapat memperkuat pembuluh darah, mengurangi jumlah fibrin didalam darah dan ampuh dalam menurunkan kolesterol, serta dapat menyesuaikan diri dengan tekanan darah yang fluktuasi. Selain itu, manfaat cabai lainnya adalah membantu menjaga tekanan darah tetap normal. 

3. Membantu Pencernaan 

Cabai juga dikenal mampu memperlancar penceranaan. Cabai membantu menstimuli system pencernaan, meningkatkan arus produksi enzim dan asam lambung. Hal ini membantu tubuh dalam proses metabolisasi makanan (dan racun). Serbuk cabe juga sangat membantu dalam mengeluarkan gas dalam tubuh. Serbuk cabe membantu menstimulasi gerakan peristaltic perut, sehingga membantu proses asimilasi dan eliminasi. 

4. Mencegah Sakit Kepala Migran 

Cabai dapat menstimulasi respon rasa sakit pada bagian tubuh yang berbeda, sehingga menyebabkan otak mengalihkan perhatiaannya kepada lokasi baru yang terasa sakit tersebut. Seiring dengan munculnya reaksi rasa sakit ini, syaraf mengosongkan cairan P (bahan kimia rasa sakit), dan persepsi rasa sakit yang muncul akibat migren berkurang. 

5. Mendukung Program Diet 

Peneliti menemukan bahwa peserta yang mengkonsumsi cabai saat sarapan pagi memiliki nafsu yang berkurang, sehingga kalori yang mereka konsumsi pun berkurang. Cabai juga mampu meningkatkan metabolisme, kapsaisin yang ada membantu mengurangi jaringan lemak. 

6. Mencegah Pembekuan Darah 

Serbuk cabai juga membantu mengurangi atherosclerosis, mendukung aktivitas fibrinolytic, dan mencegah gejala-gejala yang menyebabkan terjadinya pembekuan darah, yang dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. 

7. Membunuh Sel Kanker 

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan pada sebuah laboratorium di Inggris menyebutkan bahwa kandungan kapsaisin yang terdapat dalam cabai yang menimbulkan rasa pedas dapat menghilangkan sel kanker dengan tanpa merusak sel normal jika dikonsumsi secara rutin. Kemampuan cabai khususnya cabai rawit dalam membakar kalori ini mampu mencapai sekitar 25% kalori di dalam tubuh kita.

Oleh Toserda Toko Serba Lada

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar